TINJAUAN KELENGKAPAN FORMULIR RESUME MEDIS DENGAN REGULASI SNARS (STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT) DI RSUD dr. SOEDONO MADIUN

Main Article Content

Reza Geta Pratiwi

Abstract

Rekam Medis adalah bukti tertulis yang dapat dipertanggung jawabkan isinya, salah satunya yaitu resume medis. Tujuannya agar dapat memudahkan pihak rumah sakit jika terdapat tuntutan hukum di pengadilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui isi resume medis secara kuantitatif dan SNARS. Mengetahui kelengkapan formulir resume medis dengan regulasi SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) di RSUD dr. Soedono Madiun.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan checklist.


Hasil dari penelitian di RSUD dr. Soedono Madiun yaitu kelengkapan formulir resume medis sesuai dengan SNARS sebesar 60% dan tidak lengkap sebesar 40%. Upaya pengendalian ketidaklengkapan adalah dengan melakukan sosialisasi SPO (Standar Prosedur Operasional) tentang kelengkapan pengisian dokumen rekam medis dan membuat daftar ketidaklengkapan kemudian direkapitulasi jumlah ketidaklengkapannya dan dengan melakukan concurrent analysis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles