HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DENGAN TINGKAT STRES HOSPITALISASI ANAK PRA SEKOLAH DI RUANG DELIMA RSUD.Dr HARDJONO PONOROGO

Main Article Content

Putri Lestari

Abstract

Hospitalisasi merupakan keadaan dimana anak di rawat di rumah sakit yang akan menimbulkan perasaan emosional seperti perasaan stres yang berlebihan dan tidak mampu berfikir dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran perawat dengan tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah di ruang Delima RSUD Dr. Harjono Ponorogo


Desain penelitian studi korelasional. Populasi penelitian Semua anak pra sekolah di ruang Delima RSUD Dr. Harjono Ponorogo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien anak pra sekolah usia 3-6 tahun di ruang Delima RSUD Dr. Harjono Ponorogo. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, jumlah sampel sebanyak 30 responden. Variabel Independent adalah Peran perawat, variabel dependent Tingkat Stres. Uji statistik Spearman Rank.


Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil peran perawat kurang 8 responden (27%), cukup 7 responden (23%),  baik 15 responden (50%) sedangkan tingkat stres pada anak di dapatkan hasil tidak stres 0 responden (0%), stres ringan 12 responden (40%) , stres sedang 15 responden (50%), stres berat 3 responden (10%).  Hasil uji korelasi antara peran perawat dengan tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rankmenunjukkan bahwa nilai p value = 0,00 berarti < nilai signifikan 0,05, dengan tingkat korelasi diperoleh nilai -0,653 atau korelasi yang negatif, maka H0 ditolak yang artinya ada hubungan peran perawat dengan tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah di ruang Delima RSUD Dr. Harjono Ponorogo.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peran perawat/orang tua dapat meminimalkan tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles