TINJAUAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA DI REKAM MEDIS BERDASARKAN METODE ANALISIS BEBAN KERJA KESEHATAN (ABK-Kes) DI RUMAH SAKIT UMUM DARMAYU PONOROGO

Main Article Content

Mey Chrismawanti

Abstract

Metode ABK Kes adalah suatu metode perhitungan kebutuhan SDMK berdasarkan pada beban kerja yang dilaksankan oleh setiap jenis SDMK sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yang memiliki 6 langkah perhitungan. Tujuan penelitian ini adalah engetahui kebutuhan SDM di Rekam Medis berdasarkan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (ABK Kes).


                Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif  dengan cara observasi dan wawancara. Populasi dari penelitian ini berjumlah 5 petugas yang terdiri dari petugas rekam medis. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data dianalisis secara deskriptif.


Hasil perhitungan SDM dengan metode ABK Kes di Rumah Sakit “Darmayu” Ponorogo perlu penambahan petugas dibagian pendaftaran 1 petugas, assembling 2 petugas dan coding 2 petugas. Saran dari peneliti adalah penambahan sumber daya manusia rekam medis di bagian pendaftaran, assembling, dan coding untuk meningkatkan kualitas kinerja petugas di Rumah Sakit Umum “Darmayu” Ponorogo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles